Latest News

Fungsi Kerodong Pada Batu

Fungsi kerodong pada murai watu pada awalnya hanyalah untuk menjaga kehangatan murai watu di demam gosip hujan atau di malam hari tetapi alasannya ialah manfaat kerodong memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan burung murai batu maka penggunaan kerodong menjadi kebiasaan bagi para pemilik murai watu dalam merawat burung kesayangannya
Fungsi kerodong pada murai watu pada awalnya hanyalah untuk menjaga kehangatan murai watu  FUNGSI KERODONG PADA  BATU
Gambar kerodong untuk burung murai batu



Adapaun manfaat lain kerodong pada burung murai batu yang umum diketahui yaitu :


PROSES ADAPTASI
Berguna bagi anda yang baru membeli Murai Batu liar (penangkapan hutan) yang sifatnya belum jinak atau masih giras , dengan pengerodongan mampu membuat Murai Batu tersebut setrik perlahan menjadi lebih tenang. Caranya , sangkar terlebih dahulu dikerodong menggunakan kain yang gelap setrik keseluruhan , kemudian dalam proses yang sedikit demi sedikit , kerodong mampu diganti dengan warna yang lebih transparan (tembus cahaya) , tujuannya membiasakan Murai Batu mengikuti keadaan pada lingkungan yang baru dan menjadi lebih jinak.

GANGGUAN SERANGGA

Nyamuk , dan jenis serangga yang berbahaya lainnya tidak mampu masuk guna menggigit atau menyerang Murai Batu. Dengan pengerodongan , Murai watu terlindungi dari serangan serangga pengganggu. Pada kasus ini , pengerodongan dilakukan setrik menyeluruh pada kepingan sangkar , tepatnya di malam hari.

KONDISI PRIMA

Beberapa penghobi yang ingin melombakan Murai Batu mereka , biasanya akan melakukan pengerodongan. Hal itu bertujuan membuat Murai Batu dalam suasana yang hening dan santai. pengerodongan akan membuat Murai Batu dalam sangkar tidak praktis terpancing naik birahi dengan melihat pengaruh-pengaruh dari luar yang akan menguras banyak tenaga.

PROSES MASA MABUNG

Masa mabung yaitu masa pergantian bulu cindil menuju bulu dewasa. Pada proses mabung Murai Batu dalam kondisi yang tinggi birahi , dan juga sensitif pada tingkat stres yang tinggi pula. pengerodongan akan mengatakan kenyamanan proses mabung Murai Batu , alasannya ialah tidak terganggu faktor lain , dan terutama akan membuat tidak beterbangannya bulu Murai Batu yang berjatuhan , yang mana bulu-bulu beterbangan tersebut mampu menunda proses mabung Murai Batu.

KONDISI MENTAL

Fungsi pengerodongan ini juga memiliki kegunaan pada Murai Batu yang belum remaja dan masih memiliki mental tarung yang lemah. di masa ini Murai Batu diusahakan untuk tidak berhadapan setrik eksklusif dengan Murai Batu remaja atau yang memiliki jiwa tarung yang tinggi , alasannya ialah mampu menyebabkan cacat mental.

AGAR TIDAK STRES

pengerodongan sangat memiliki kegunaan apabila Murai Batu ingin dipindahkan dalam satu daerah ke daerah yang lain , apalagi dengan jarak atau perjalanan yang cukup jauh. Dengan pengerodongan , menjaga kondisi Murai Batu agar tetap hening dan kondusif , serta menjaga agar Murai Batu tidak praktis capek atau kelelahan dalam perjalanan tersebut.
Fungsi kerodong pada murai watu pada awalnya hanyalah untuk menjaga kehangatan murai watu  FUNGSI KERODONG PADA  BATU
Gambar kerodong untuk burung murai batu
disarikan dari http://mbbcomunity.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Kerodong Pada Batu"

Total Pageviews