Latest News

Masa Mabung Murai Watu Dan Tips Perawatannya

MASA MABUNG MURAI BATU DAN TIPS PERAWATANNYA

Merawat Burung Murai Batu Saat Rontok Bulu- Siklus mabung atau lebih di kenal dengan siklus rontok bulu merupakan siklus alamiah yang selalu terjadi pada setiap burung. bila terjadi dalam burung murai kerikil berarti anda harus mengetahui trik perawatannya.

pada masa ini burung murai batu akan memiliki metabolisme tubuh yang lebih tinggi sekitar 40% lebih. dan dalam hal ini maka asupan gizi yang di butuhkan burung murai kerikil haruslah berkualitas. hindari lah makan-makan yang tidak memiliki nilai gizi yang baik bila burung murai kerikil dalam kondisi ini.

Pada dikala ini juga hindari pertemuan antara burung satu dengan yang lain baik homogen maupun tidak sejenis. hal ini di sebabkan bila terjadi pertemuan maka akan mensugesti hormon pada burung. hormon ini pula lah yang akan mensugesti reproduksi burung. jadi sebisa mungkin hindari pertemuan antara burung. pastikan hanya ada satu burung di kandang dan jangan dekatkan burung murai kerikil yang sedang mengalami siklus mabung ini dengan burung lain.

Dibawah ini trik merawat burung murai kerikil Masa Mabung :
  • Taruh kandang atau kawasan burung murai kerikil di kawasan yang sepi dan tidak di kawasan keramaian. pastikan kandang di kawasan sendirian dan bila sanggup gunakan kerudung untuk mengkerudungi kandang burung murai batu. 
  • Berikan EF lebih banyak dari porsi biasa karena sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel gres dan juga untuk pertumbuhan bulu baru. Contoh porsi EF : Setelan Jangkrik dibuat 5 ekor pagi dan 5 ekor sore , Kroto 1 sendok makan setiap pagi , Cacing 2 ekor 3x seminggu dan Ulat Hongkong 3 ekor tiap pagi. 
  • Berikan Vitamin burung dan mineral burung kepada burung murai kerikil yang berkualitas seminggu 2 kali agar asupan burung tercukupi. 
  • Sering-sering melakukan pemansteran terhadap burung murai kerikil dengan trik mengajak bitrik burung murai kerikil dengan suara-suara burung. hal ini di sebabkan karena burung murai kerikil lebih banyak diam dalam siklus ini. 
  • Untuk memandikan burung murai kerikil yang sedang mengakami siklus rontok bulu cukup 1x dalam seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari. jangan terlalu lama agar burung murai kerikil tidak stres. 
  • Jangan sering menyentuh burung murai kerikil dan memindah kandang burung murai batu. hal ini di karena kan burung murai kerikil butuh ketenangan dalam siklus mabung. 
  • Tunggu sampai burung murai kerikil jawaban mengalami siklus ini agar sudah tidak
Terimakasih dari penghobby burung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masa Mabung Murai Watu Dan Tips Perawatannya"

Total Pageviews